Dimensipers.com — Senin, 27 Desem­ber 2021 GUS­DURi­an Bonorowo Tulun­ga­gung suk­ses mengge­lar peringatan Haul ke-12 Tahun  Pres­i­den ke‑4 RI KH Abdur­rah­man Wahid (Gus Dur) dan Dia­log Mod­erasi Aga­ma di Aula Gedung Syai­fudin Zuhri Lan­tai 6 Uni­ver­si­tas Islam Negeri Sayyid Ali Rah­mat­ul­lah (UIN SATU) Tulun­ga­gung. Acara yang berta­juk “Mem­ban­gun Per­ad­a­ban den­gan Spir­it Keber­aga­man” ini turut disiarkan secara lang­sung di Insta­gram @gusduriant.

Menu­rut Erwin Rir­ih Budianto, seba­gai salah satu peng­ger­ak GUS­DURi­an Bonorowo Tulun­ga­gung, tema kali ini diangkat guna mengin­gat salah satu nilai Gus Dur yakni keber­aga­man aga­ma. Selain itu juga mengin­gatkan kem­bali peker­jaan rumah teman-teman GUS­DURi­an Bonorowo Tulun­ga­gung. Kare­na, keti­ka mem­bicarakan aman beragam di wilayah Tulun­ga­gung dalam prak­tiknya terny­a­ta masih ada kasus-kasus yang memang harus dis­e­le­saikan dan dihadapi terkait den­gan mod­erasi aga­ma yang nan­ti­nya akan men­ja­di tang­gung jawab teman-teman GUS­DURi­an Bonorowo.

 “Dari pema­paran nara­sum­ber dan apa yang dike­tahui dari seba­gian peser­ta di  siang hari ini berka­ta demikian, jadi data yang saya jadikan seba­gai acuan untuk mem­bu­at acara ini  tidak bohong, fak­tanya demikian,” tutur Habibur Rohman Tam­ba selaku Koor­di­na­tor Kegiatan. Ia juga mene­gaskan narasi ‘mem­ban­gun’ dalam tema haul kali ini dikare­nakan GUS­DURi­an Bonorowo Tulun­ga­gung masih dalam taha­pan mem­ban­gun belum mer­awat. Sebab jika ingin mer­awat, apa yang akan dirawat sedan­gkan, masih banyak pihak yang masih intoleran.

Tam­ba juga mene­gaskan peringatan haul kali ini dige­lar di kam­pus den­gan alasan agar bisa men­gako­modir banyak orang. Dalam pelak­sanaan­nya diawali den­gan sambu­tan dari per­wak­i­lan GUS­DURi­an Bonorowo Tulun­ga­gung, kemu­di­an menyanyikan lagu Indone­sia Raya, dan dilan­jutkan dia­log mod­erasi aga­ma.  Peser­ta dalam acara ini pun beragam, ada per­wak­i­lan dari Gere­ja, Peng­hay­at, Hin­du Dhar­ma, Masyarakat Sip­il, hing­ga Mahasiswa.

Emi Daima­tus Sa’adah,  seba­gai per­wak­i­lan maha­siswa menang­gapi “kegiatan ini … kare­na dap­at mem­bu­ka kaca­ma­ta seti­ap orang  seba­gai umat beraga­ma harus bermod­erasi aga­ma seba­gai modal untuk mem­ban­gun per­ad­a­ban yang baik.”

Hal seru­pa juga diungkap­kan M. Basithu Fat­ta Dikra­ma,  yang sesama maha­siswa, “acara haul ini san­gat menarik sebab men­ga­jari kita ten­tang beraga­ma dan rasa tol­er­an­si sesama umat baik Hin­du, Kris­ten, Bud­ha, Islam, dll.  Saya sendiri senang diadakan­nya acara haul Gus Dur dan Dia­log Mod­erasi Aga­ma, den­gan pema­teri yang luar biasa bisa menam­bah wawasan saya ten­tang  inter­pre­tasi Bhine­ka Tung­gal Ika.” Ia juga berharap sete­lah diadakan­nya acara ini semoga dap­at mem­ban­gun kesadaran atas perbe­daan, dan lebih mengede­pankan toleransi.

Den­gan terse­leng­garakan­nya acara ini Erwin Rir­ih Budianto juga berharap teman-teman GUS­DURi­an Bonorowo bisa kem­bali mem­ban­gun komu­nikasi yang basis­nya menye­le­saikan peker­jaan rumah yang sudah ada dan kiprah GUS­DURi­an bisa dirasakan oleh selu­ruh ele­men masyarakat Tulungagung.

Penulis: Vidya
Reporter: Vidya
Edi­tor: Nurul

E. Vidya Nrsvvt

Jarang tidur, tapi pun­ya banyak mimpi. Let’s make equal­i­ty bestie💫