Dimensipers.com — Senin, 7 Feb­ru­ari 2022, Uni­ver­si­tas Islam Negeri Sayyid Ali Rah­mat­ul­lah (UIN Satu) Tulun­ga­gung men­gadakan Studi­um Gen­er­al yang berta­juk “Per­an Per­gu­ru­an Ting­gi Dalam Pen­gawasan Pemilu di Indone­sia”. Studi­um Gen­er­al atau kuli­ah umum ini dis­e­leng­garakan Fakul­tas Syari­ah dan Ilmu Hukum (FASIH), meng­hadirkan Abhan selaku Ket­ua Badan Pen­gawas Pemil­i­han Umum (Bawaslu) RI seba­gai nara­sum­ber. Acara terse­but bertem­pat di Aula Gedung KH Arief Mus­taqiem lan­tai 6 UIN Satu Tulun­ga­gung dan disiarkan secara lang­sung pada kanal YouTube SATU Televisi. 

Acara ini dihadiri Dosen, Guru Besar, jajaran pimp­inan di lingkun­gan FASIH, ser­ta Organ­isasi kema­ha­siswa (Ormawa) tingkat fakul­tas dan uni­ver­si­tas. Dalam pelak­sanaan acara diawali den­gan menyanyikan lagu Indone­sia Raya,  kemu­di­an dilan­jutkan den­gan open­ing speech yang dis­am­paikan oleh Rek­tor UIN Satu Tulungagung. 

Dari pem­bukan­nya ia menyam­paikan, den­gan dis­e­leng­garakan acara ini para maha­siswa UIN Satu mam­pu mem­berikan advokasi dan edukasi kepa­da masyarakat. Sesi berikut­nya adalah pema­paran materi yang dis­am­paikan oleh Abhan yang pan­du oleh mod­er­a­tor. Usai penyam­pa­ian materi dari Ket­ua Bawaslu, dilan­jutkan den­gan sesi tanya jawab.

Ket­ua Pelak­sana acara Darin Arif Mual­lifin mema­parkan alasan pengam­bi­lan tema ten­tang per­an per­gu­ru­an ting­gi dalam pen­gawasan pemilu di Indone­sia. “Kare­na bisa jadi kegiatan kepen­gawasan tidak ter­batas fakul­tas, tidak ter­batas wilayah juru­san, tidak ter­batas pada wilayah dosen. Tapi juga tena­ga pen­didik dan semuanya juga bisa men­ja­di prib­a­di-prib­a­di yang bisa mem­berikan aksi pen­gawasan,” ujarnya.

Kuli­ah umum ini dibu­ka oleh Abhan selaku Ket­ua Bawaslu RI yang men­je­laskan ten­tang tugas pent­ing Bawaslu. Men­gaw­al Pemilu yang terse­len­gara di Indone­sia dap­at ber­jalan Luber dan Jur­dil.“Pen­gawasan Bawaslu seba­gai lem­ba­ga yang mul­ti­fungsi, lem­ba­ga yang mul­ti­fungsi dari hulu sam­pai hilir. Yang diu­rusin hulun­ya adalah pence­ga­han, pen­gawasan kemu­di­an hilirnya adalah pada penin­dakan, sam­pai penye­le­sa­ian sen­gke­ta pros­es,” tegas­nya.

Ia juga menyam­paikan, bah­wa par­tisi­pasi masyarakat teruta­ma maha­siswa akan men­ja­di kesuk­sesan Pemilu. Maha­siswa yang akan men­ja­di agen pen­gawas par­tisi­patif, yang mana pen­gawas Pemilu ialah pub­lik. Dalam undang-undang dije­laskan bah­wa Bawaslu ter­ma­suk seba­gai lem­ba­ga yang bersi­fat  for­mal, tetapi sejatinya pen­gawasan itu datang dari masyarakat yang di dalam­nya ter­da­p­at mahasiswa.

Usai pema­paran dari Abhan, dibu­ka sesi tanya jawab. Tiga maha­siswa men­ga­jukan per­tanyaan men­ge­nai Bawaslu kepadanya. Dari keti­ganya Ia men­je­laskan, bah­wa ada per­soalan keti­dakadi­lan dalam pros­es Pemilu yang ser­ing ter­ja­di. Terkait Pemilu ini san­gat kom­pleks, ter­da­p­at badan penye­leng­gara dan ada juga lem­ba­ga lain yang dili­batkan. Seba­gaimana diatur dalam undang-undang No. 7 Tahun 2017. Diper­lukan koor­di­nasi antar lem­ba­ga agar tidak ter­ja­di 2 putu­san yang berbeda.

Atas terse­leng­garanya kegiatan ini hadir beragam tang­ga­pan, salah sat­un­ya dis­am­paikan Khalid Alaw­il Mubarok selaku ket­ua SEMA‑F UIN Satu. Ia berharap ter­ban­gun sin­er­gi antara kam­pus dan Bawaslu RI dalam hal kes­im­pang siu­ran maha­siswa dan dosen di dalam pemerintahan.

Mungkin seper­ti yang sudah dije­laskan den­gan sis­tem keru­mi­tan di Indone­sia yang reg­u­lasinya masih ran­cu atau masih san­gat tumpang tindih. mungkin kede­pan­nya Indone­sia akan lebih baik lagi jika diatur den­gan baik den­gan atu­ran-atu­ran yang reg­u­lasinya lebih jelas,” ujarnya. 

Lebih lan­jut menu­rut Vidya Dwi Pus­pi­ta salah satu maha­siswa UIN Satu yang turut meng­hadiri kuli­ah umum. Acara bertema poli­tik Pemilu mem­berikan banyak man­faat bagi para maha­siswa, salah sat­un­ya dap­at menge­tahui ten­tang pros­es pemil­i­han yang dis­e­leng­garakan Komisi Pemil­i­han Umum (KPU), Bawaslu, dan Dewan Kehor­matan Penye­leng­gara Pemil­i­han Umum (DKPP).

Penulis: Cintya
Reporter: Yas­min, Dila, Mar­ta, Nadzir, Ervi
Redak­tur: Bayu