Dimensipers.com 01/10. Berbekal per­ala­tan seder­hana, Him­punan Maha­siswa Juru­san (HMJ) Tadris Biolo­gi (TBIO) mengge­lar pem­ber­si­han lahan pada Ming­gu pagi.

Refik Febri­an­syah selaku Koor­di­na­tor Sie Rumah Tang­ga dan Bakat Minat, menu­turkan   tujuan dis­e­leng­garakan­nya kegiatan ini seba­gai langkah awal men­gelo­la lahan yang khusus diberikan pihak kam­pus Insti­tut Aga­ma Islam Negeri (IAIN) Tulun­ga­gung kepa­da juru­san TBIO.

Juru­san den­gan sem­boy­an “Salam Lestari, Salam Kon­ser­vasi” diman­dati untuk men­gelo­la lahan yang berlokasi di belakang gedung Let­ter L. Lahan terse­but cukup luas, mem­bu­jur ke utara diukur mulai tem­bok IAIN Tulun­ga­gung hing­ga berbatasan ter­hadap rel Kere­ta Api. Men­ge­nai detail luas lahan yang diber­sihkan, belum dike­tahui secara pasti.

Jadi, kami kede­pan­nya memi­li­ki dua plan­ning (ren­cana; red). Yang per­ta­ma dibu­at green house atau kalau jadi lahan per­tan­ian, jadi ada dua itu, dua kemu­ngk­i­nan, untuk selan­jut­nya jika sudah diber­sihkan,  dio­lah, sete­lah dio­lah mungkin selan­jut­nya difikirkan lagi,” Tutur Refik Febri­an­syah keti­ka dite­mui ming­gu siang.

Kegiatan ini dilak­sanankan berdasarkan inisi­atif Sie Rumah Tang­ga yang sekali­gus meru­pakan kegiatan per­ta­ma yang dilakukan dalam men­go­lah dan meman­faatkan lahan. “Dari kami, sie rumah tang­ga sendiri dibebani tang­gung jawab untuk men­gu­rusi mungkin inven­taris yang ada di juru­san Tadris Biolo­gi. Jadi kami dari koor­di­na­tor rumah tang­ga itu dis­u­ruh untuk men­ga­jak teman-teman atau kawan-kawan dari Tadris Biolo­gi dan yang per­ta­ma adalah pem­ber­si­han lahan,” Papar Refik Febriansyah.

Beraw­al dari sini, dihara­p­kan maha­siswa TBIO tidak hanya mumpuni pada teori tapi juga prak­tik yang berkai­tan den­gan men­go­lah lahan, seper­ti berco­cok tanam sam­pai keper­lu­an penelit­ian di lapangan.

Kegiatan dim­u­lai sek­i­tar pukul dela­pan pagi. Mes­ki tan­pa didampin­gi oleh dosen, pem­ber­si­han lahan mem­berikan kesan tersendiri bagi maha­siswa, khusus­nya maha­siswa baru. “Kesan­nya asyik­lah, kan, bareng-bareng (Kesan­nya menye­nangkan kare­na bersama-sama, red),” Ungkap Tata Agne­sa Salsabi­la, salah seo­rang maha­siswa kelas 1‑C seu­sai kegiatan.

Pada dasarnya dari pihak HMJ mem­berikan intruk­si kegiatan ini wajib diiku­ti oleh selu­ruh maha­siswa juru­san TBIO, akan tetapi masih banyak maha­siswa yang belum ikut berpar­tisi­pasi dalam pelak­sanaan den­gan alasan yang beragam. Demi lan­car­nya agen­da seti­ap kelas juga diin­struk­sikan mem­bawa per­ala­tan seder­hana seper­ti cangkul, sabit, dan karung goni.

Dalam pen­gelo­laan lahan untuk kede­pan­nya, Refik men­erangkan, ren­cananya pihak HMJ TBIO akan mem­bu­at jad­w­al piket bagi maha­siswa. Menan­gapi hal itu, Sai­ful Amri seba­gai maha­siswa angkatan keti­ga men­gungkap­kan, ia siap men­gu­rus lahan dikegiatan selan­jut­nya. “Ya, Insya Allah. Mungkin kalau memang dipe­run­tukan bagi adik kelas dan mungkin untuk kepentin­gan kita sendiri, untuk kepentin­gan kita bersama, ya, insya Allah, saya siap kare­na ini kan demi kebaikan kita dan demi untuk tugas kita dimasa depan.”

-