close
Newscamp

HMJ TBIn Gelar Sarasehan Kartini dan Pagelaran

Dimensipers.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Indonesia (HMJ TBIn) merayakan peringatan Hari Kartini dengan menggelar  Sarasehan Kartini dan Pagelaran bertema “Gerakan Kartini, sebuah inspirasi untuk mewujudkan prestasi bagi negeri” pada Jumat (27/04/2018) mulai pukul 14.30 WIB sampai pukul 21.30 WIB bertempat di balkon lantai 2 gedung Arief Mustakim untuk sarasehan dan halaman barat lapangan utama untuk pagelaran.

Acara yang digelar didua tempat berbeda tersebut,  tidak lain sebagai upaya untuk menelaah perjuangan Kartini dan kesetaraan gender  secara lebih dalam, sekaligus sebagai ajang tampil bakat mahasiswa TBIn. “Jadi sarasehan berisikan diskusi perjuangan Kartini dan gender, nah, untuk pagelaran ndak hanya pagelaran musik saja, tapi ada penampilan puisi, drama ataupun musikalisasi puisi dari temen-temen TBIn,” jelas Alfi Nurcahyati selaku ketua umum HMJ TBIn.

Menurut Krisnina Maharani, selaku ketua pelaksana, mengatakan bahwa HMJ TBIN mengundang dua pemateri dalam diskusi sarasehan, yakni Muyasaroh (selaku Dosen Bahasa Indonesia; red) untuk materi Sastra Feminisme dan Arifah Millati Agustina (selaku Dosen FASIH; red) untuk materi gender dan religiusitas Kartini. Selain itu dalam acara tersebut HMJ TBIn bekerja sama dengan UKM Larantuka dan Walikukun sebagai band performance.

Dalam acara yang diakhiri dengan penampilan Walikukun tersebut, Alfi menambahkan bahwa dengan adanya peringatan hari Kartini, para wanita diharapkan untuk mempunyai semangat “bisa” dalam melakukan apa yang biasanya dipandang hanya pria saja yang bisa. “Saya berharap dengan adanya ini (peringatan Hari Kartini; red), para wanita mempunyai semangat kartini, para wanita selalu berpikiran bisa dalam melakukan apa yang biasanya laki-laki lakukan, seperti contoh, saya (wanita) yang menjadi ketua umum dan ketua pelaksananya tadi juga cewek,”tambah Alfi. []

SMAARIF

Panggil saja "Tayo"

Tags : KARTINITBIn
SMAARIF

The author SMAARIF

Panggil saja "Tayo"

Leave a Response