Dimensipers.com (28/07). Pas­ca pener­i­maan maha­siswa baru, biasanya kam­pus-kam­pus akan men­gadakan masa ori­en­tasi maha­siswa. Demikian pula den­gan IAIN Tulun­ga­gung yang juga men­gadakan Pen­ge­nalan Budaya Akademik dan Kema­ha­siswaan (PBAK). PBAK IAIN Tulun­ga­gung akan dilak­sanakan sela­ma 5 hari yaitu 14–18 Agus­tus 2018. Ada­pun pem­ba­gian­nya yaitu, tang­gal 14–15 Agus­tus adalah PBAK Insti­tut atau set­ingkat uni­ver­si­tas dan 16–18 Agus­tus PBAK Fakultas.

Ket­ua pelak­sana PBAK Insti­tut yaitu Kris­mon Bangk­it Budi­ar­to men­gungkap­kan bah­wa per­si­a­pan PBAK Insti­tut tahun ini dirasa kurang mak­si­mal dan masih memer­lukan banyak revisi di sana-sini. Namun demikian, Kris­mon akan berusa­ha mem­per­bai­ki dan memak­si­malkan PBAK 2018 kali ini.

Kalo menu­rut saya per­si­a­pan tahun ini lumayan lebih awal kare­na memang kemarin juga sudah ada pelan­tikan, sehabis itu baru pem­ben­tukan kepani­ti­aan dan mungkin juga kalo mei­hat situ­asi dan ngomon­gin per­si­a­pan masih kurang memang, dan men­ge­nai PBAK Insti­tut 2018 per­si­a­pan kurang mak­si­mal, ataupun ini memang mungkin juga pros­es­nya dan mungkin ada inisi­atif dari atasan maupun dari Steer­ing Com­mit­tee (SC) ataupun dari pani­tia tek­nis itu sendiri kurang sinkron dan mungkin juga per­lu masih banyak revisi di tahun 2018, ataupun masih ada per­baikan, men­ge­nai per­si­a­pan, dan juga terus memak­si­malkan men­ge­nai PBAK 2018 untuk suk­ses­nya acara.” Ungkap Kris­mon selaku ket­ua pelak­sana PBAK Insti­tut 2018.

Atribut kali ini tidak jauh beda den­gan yang tahun lalu, tetapi sedik­it diubah. Ser­ta ket­ua pelak­sana sendiri berharap tahun depan akan adanya peruba­han untuk PBAK Insti­tut. Kare­na memang peruba­han sedik­it demi sedik­it memang butuh proses.

Kalo masalah atribut sebe­narnya masih gak jauh beda, kare­na mungkin ini­lah pros­es­nya, tahun ini masih sedik­it-sedik­it diubah men­ge­nai PBAK. Jadi mungkin di tahun ini tidak jauh beda den­gan tahun 2017 kemarin. Cuma kalo tahun nan­ti kalo ngomon­gin PBAK  pasti bisa lebih diubah kare­na memang kalo ngomon­gin PBAK seben­ernya juga ini­lah pros­es­nya sedik­it-sedik­it seir­ing ber­jalan­nya wak­tu.” Lan­jut Krismon.

Pen­da­p­at dari maha­siswa baru men­gakui bah­wa atribut PBAK memang memus­ingkan dan tidak sedik­it untuk men­gelu­arkan uang. “Jadi peser­ta PBAK itu memang memus­ingkan,  soal­nya alat-alat­nya macem-macem request-nya (permintaannya;red), pake baju mer­ah, celana putih, aneh-aneh pokoknya. Itu melengkap­in­nya antara susah gam­pang, harus berjuang kesana kemari, men­gelu­arkan uang banyak, beli-beli buku, ser­agam­nya, banyak­lah.” Kata Zia salah satu maha­siswa baru juru­san Tadris Matematika.

Antu­sias maha­siswa baru kali ini memang banyak kare­na peser­ta ingin tahu sekali ten­tang atribut dan per­ala­tan PBAK Insti­tut pada 2018 kali ini. “Kalo menu­rut saya yang saya lihat sendiri di lapan­gan terkait antu­sias dari peser­ta memang banyak sekali, dan akan kepo (ingin tahu;red) den­gan per­ala­tan PBAK, dan bah­wasanya tahun dulu itu pengu­mu­man atribut memang akhir-akhir dan tahun ini kita per­cepat, kare­na memang antu­sias maha­siswa baru yang pen­gen tahu memang banyak sekali.” []

Redak­tur Online