Dimensipers.com. 29/05- Jamaah salat tarawih masjid IAIN Tulun­ga­gung melu­ber. Ruang bagian dalam maupun luar masjid tidak cukup menam­pung keselu­ruhan jamaah sha­lat tarawih. Jamaah mer­a­p­at untuk mendirikan sha­lat sam­pai mepet tepi masjid. Sebelum sha­lat tarawih dim­u­lai, banyak jamaah lain yang masih berdiri men­cari-cari tem­pat yang dap­at digu­nakan untuk sujud.

Jamaah perem­puan men­dom­i­nasi sek­i­tar 70% dari­pa­da jamaah laki-laki. Jamaah perem­puan penuh men­gelilin­gi area teras masjid. Sedan­gkan jamaah laki-laki memenuhi bagian dalam ruang. Jamaah ter­diri atas maha­siswa dan masyarakat sek­i­tar kampus.

dok. Vima

Bahkan pada malam ked­ua, sek­i­tar lima jamaah perem­puan balik kanan dari masjid ke luar ger­bang kam­pus. Hal demikian ter­ja­di kare­na padat­nya jamaah yang telah memenuhi area masjid. Maka seba­gian dari mere­ka memil­ih untuk sha­lat tarawih di tem­pat lain. “Ke masjid­nya Mbah Dul Mbak” jawab salah satu dari mer­a­ka yang meru­pakan maha­siswa IAIN Tulungagung.

Seti­ap hari tam­paknya jamaah yang hadir semakin mem­be­lu­dak. Mulai pukul 16:30 wib jamaah telah mulai berdatan­gan dan  seketi­ka penuh. Dalam rang­ka menyikapi kepa­datan terse­but seba­gian jamaah men­cari inisi­atif. Tepat­nya pada malam keem­pat, tam­pak seba­gian jamaah perem­puan mem­bawa kar­pet untuk alas sha­lat di bagian bawah depan masjid. “Koyo sha­lat ID ae” ujar salah satu jamaah menang­gapi hal tersebut.

Jarak tem­pat ting­gal yang cukup dekat den­gan kam­pus agaknya men­ja­di salah satu penye­bab masyarakat setem­pat memil­ih ber­ja­maah di masjid IAIN Tulun­ga­gung. Datangnya Bulan Ramad­han semen­tara kegiatan perku­li­a­han belum berakhir men­ja­di hipote­sa penye­bab lain kepa­datan ini. Ada­pun jamah yang hadir adalah seba­gian besar maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung yang masih bermukim di tem­pat mas­ing-mas­ing, baik yang di kam­pus maupun di kos-kos terdekat.

Meli­hat kon­disi ini, maka muncul kepri­hati­nan ter­hadap kebu­tuhan papan masjid IAIN Tulun­ga­gung. Seir­ing bertam­bah­nya jum­lah maha­siswa per­tahun keadaan tem­pat ibadah (sekarang) belum cukup memu­at sep­a­ruh jamaah dari keselu­ruhan maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung. Keterse­di­aan tem­pat ibadah ter­dekat lain yang ada ham­pir di seti­ap gedung, memang bisa memenuhi kebu­tuhan dalam perku­li­a­han sehari-hari. Namun keadaan ini tidak bisa disamakan pada situ­asi jamaah seper­ti sha­lat tarawih dan (mungkin juga) jamaah sha­lat Jumat.

Di sisi lain berdirinya dua gedung megah di timur kam­pus men­ja­di pes­ona tersendiri yang mem­bu­at orang ter­peran­gah. Bahkan ked­ua gedung ini sudah digu­nakan dalam kegiatan perku­li­a­han. Namun sam­pai saat ini yang men­ja­di per­tanyaan adalah kapan masjid kam­pus yang beber­a­pa tahun lalu akan beren­cana diban­gun akan tere­al­isasi. Ter­lebih lagi IAIN Tulun­ga­gung akan segera men­ga­jukan vis­i­tasi men­ja­di UIN sehing­ga masjid juga per­lu men­da­p­atkan per­ha­t­ian untuk diwu­jud­kan. Sebab seir­ing alih sta­tus ten­tun­ya maha­siswa IAIN Tulun­ga­gung akan makin mem­be­lu­dak. [Sur­ti]

 

Manu­sia dan ker­ak-ker­ak bumi, sama berg­er­aknya. Hanya, manu­sia itu lebih absurd