Dimensipers.com — Rabu, (18/09/2019) Dewan Ekseku­tif Maha­siswa Fakul­tas Ushu­lud­din Adab dan Dak­wah (DEMA FUAD) Insti­tut Aga­ma Islam Negeri Tulun­ga­gung men­gadakan kun­jun­gan aga­ma dalam acara “Dia­log Lin­tas Iman”, bertem­pat di tem­pat ibadah Tri Dhar­ma (TITD) Tulungagung.

Menu­rut Habibu­rah­man Tam­ba, seba­gai ket­ua DEMA FUAD menye­but acara dia­log lin­tas iman ini dibu­at agar bisa menghidup­kan kem­bali keruku­nan antaru­mat beraga­ma. Hal ini dirasa per­lu kare­na menu­rut­nya acara ini sudah men­ja­di budaya FUAD yang lama tidak ber­jalan. “Di kam­pus kita itu ter­akhir men­gadakan acara seper­ti ini adalah dua tahun yang lalu.” Tutur Tamba.

Selain untuk menghidup­kan kem­bali tra­disi lama, acara ini bertu­juan untuk mem­ban­gun dan mem­per­erat lagi hubun­gan antaru­mat beraga­ma. Tam­ba menam­bahkan bah­wa kegiatan ini dirasa per­lu dikare­nakan akhir-akhir ini banyak ter­ja­di kasus-kasus krim­i­nal yang men­gatas­na­makan aga­ma, budaya, suku, dan lain sebagainya.

Sebelum men­gadakan forum ini, pros­es yang dilakukan oleh pani­tia adalah men­datan­gi  tem­pat yang akan dikun­jun­gi. Tujuan­nya untuk meng­hor­mati pemi­lik tem­pat atau petu­gas yang men­gu­rusi tem­pat terse­but. Hal itu dilakukan sekali­gus untuk mem­berikan surat res­mi untuk men­gadakan kunjungan. 

TITD meru­pakan tem­pat ked­ua sete­lah dilak­sanakan­nya acara di Gere­ja Kris­ten Utu­san Pan­tikostan, den­gan Samuel seba­gai peman­tik forum. Selan­jut­nya, DEMA FUAD akan bertu­rut-turut men­gun­jun­gi berba­gai pemeluk aga­ma maupun peng­hay­at keper­cayaan di daer­ah Tulungagung.

Pen­je­lasan dari kul­tur yang ada di TITD dibimb­ing oleh Endang selaku staf kan­tor TITD. “Seo­rang pen­de­ta menang­gung­jawabi tiga keper­cayaan yang ada di tem­pat itu. Baik di bagian keper­cayaan, Tao (Kong Hu Chu), ataupun Bud­ha.“ Tutur Endang.

Riz­ki Zuliana, maha­siswa Ilmu Alquran dan Tafsir, berpen­da­p­at bah­wa den­gan mengiku­ti kegiatan ini bisa mem­bu­ka wawasan kita ten­tang aga­ma selain Islam. Den­gan begi­tu tidak mudah untuk men­gafirkan pemeluk aga­ma lain kare­na itu juga tidak sesuai den­gan ajaran aga­ma Islam.”Semua aga­ma itu baik ting­gal dimana (bagaimana: red) kita melakukan­nya.” Ujar Rizki.

Secara keselu­ruhan, acara ini berlang­sung den­gan lan­car dan men­da­p­atkan sambu­tan yang baik dari pen­ganut keper­cayaan lain. Den­gan melan­jutkan pen­gadaan acara yang demikian dihara­p­kan ter­cip­ta tol­er­an­si antaru­mat beraga­ma dan meman­dang posi­tif ajaran aga­ma lain.[] (Irf/Ai)