Kamis, 14 Maret 2019 Lem­ba­ga Pers Maha­siswa (LPM) Dimen­si IAIN Tulun­ga­gung mengge­lar Diskusi Kamis Sore (Diska­sor) yang dis­e­leng­garakan di teras Radio Genius FM. Diska­sor meru­pakan agen­da rutin yang dicanangkan oleh LPM dimen­si seti­ap Kamis sore. Tema yang diu­las dalam diskusi kali ini adalah “Paham Pos­i­tivisme” yang dipan­tik oleh Isnat­ul Kho­lifah, selaku kru tetap dan staf inven­taris LPM Dimensi.

Isnat­ul men­je­laskan bah­wa, pos­tivisme meru­pakan suatu paham yang men­gang­gap ilmu alam adalah ilmu yang satu-sat­un­ya benar, ser­ta meno­lak metafisi­ka. Paham pos­i­tivisme dice­tuskan pada abad ke-19 oleh August Comte, seo­rang fil­suf Per­an­cis. Menu­rut­nya, pos­i­tivisme lahir kare­na dampak dari adanya Rev­o­lusi Per­an­cis yang berge­jo­lak bersum­ber dari gere­ja ser­ta adanya pem­berontakan kaum pro­le­tar yang tertin­das dari­pa­da kaum borjuis.

Comte men­co­ba men­sain­tifikasikan ilmu, yaitu mem­buk­tikan ilmu secara empiris. Sebuah penge­tahuan dap­at dikatakan benar apa­bi­la sudah teru­ji sain­tifikasi ilmu. Syarat dalam sain­tifikasi ilmu adalah objek dan metode. Isnat­ul mema­parkan dalam con­toh ilmu Biolo­gi, bah­wa objek yang dika­ji adalah makhluk hidup, sedan­gkan metode yang digu­nakan adalah observasi.

Peman­tik menam­bahkan bah­wa penge­tahuan ter­ben­tuk melalui tahap teolo­gi (men­ganut ani­misme), tahap metafisik (mende­wakan sesu­atu), dan tahap pos­i­tivisme (pem­buk­t­ian ilmu sudah berme­tode). Comte mem­ba­gi hirar­ki ilmu mulai dari yang uni­ver­sal sam­pai spe­si­fik, yakni mulai dari Matem­ati­ka, Astrono­mi, Fisi­ka, Kimia, Biolo­gi, sam­pai den­gan Sosiologi. 

Menyikapi perdisku­sian ini, Ulum seba­gai peser­ta diska­sor men­gungkap­kan, “Pos­i­tivisme meru­pakan suatu paham yang mende­wakan ilmu, kare­na ilmu meru­pakan satu-sat­un­ya sum­ber penge­tahuan yang valid.” Selain itu, ia juga menggam­barkan kon­disi perdisku­sian yang berbe­da hal­nya den­gan tem­pat diskusi sebelum­nya. Menu­rut­nya Diska­sor kali ini kurang kon­dusif, kare­na bera­da di tepi jalan (teras Radio Genius FM).