Dimensipers.com — Jumat, 8 Okto­ber 2021, Dewan Ekseku­tif Maha­siswa (Dema) Uni­ver­si­tas Islam Negeri Sayyid Ali Rah­mat­ul­lah (UIN SATU) Tulun­ga­gung gelar inagurasi yang bertema “Gala Raya Bumi Dig­daya” secara vir­tu­al di Youtube SATU Tele­visi.

Inagurasi men­ja­di kegiatan mem­perke­nalkan organ­isasi intra kam­pus seper­ti Unit Kegiatan Maha­siswa (UKM), Unit Kegiatan Kam­pus (UKK) dan Komu­ni­tas Maha­siswa (KM) yang ada di UIN SATU.

Inagurasi terse­but bersamaan den­gan launch­ing karya Maha­siswa Baru UIN SATU Tulun­ga­gung, yaitu video orasi kebangsaan sep­a­n­jang 78 jam, video dukun­gan kepa­da Ten­tara Nasion­al Indone­sia (TNI), Polisi Repub­lik Indone­sia (Pol­ri) dan tena­ga kese­hatan dalam rang­ka menang­gu­lan­gi Coron­avirus Dis­ease 2019 (Covid-19), antolo­gi esai poten­si desa dan antolo­gi esai pahlawan nasional.

Ada beber­a­pa organ­isasi yang sudah melakukan Rekrut­men Anggota sebelum inagurasi dilak­sanakan, salah sat­un­ya adalah Korps Suka Rela Palang Mer­ah Indone­sia (KSR PMI). Rias, Ket­ua Umum KSR PMI men­gatakan, “jadikan apa­bi­la rekrut­men­nya lebih cepat ditut­up ataupun dibu­ka nan­ti untuk pros­es selan­jut­nya bisa lebih dikede­pankan. Jadi kemarin memang alasan uta­manya memang kepa­da waktu.”

Terkait jarak inagurasi yang jauh dari pelak­sanaan Pen­ge­nalan Budaya Akademik Kam­pus (PBAK) sek­i­tar 52 hari. Mah­da, Ket­ua DEMA UIN SATU men­je­laskan per­si­a­pan inagurasi lama dikare­nakan menyusun tugas maha­siswa baru, seper­ti video orasi dan esai.

Meng­gabungkan video, upload video sep­a­n­jang itu, masih per­lu perangkat yang men­dukung dan perangkat­nya kam­pus itu juga tidak mam­pu, ujar Mah­da pada 11 Sep­tem­ber 2021.

Rias men­gatakan, dulu keti­ka kuli­ah masih tat­ap muka, inagurasi dan rekrut­men anggota UKM, UKK dan KM masih teror­gan­isir. “Tahun ini inagurasinya tidak ada kepas­tian­nya, masalah­nya masih belum ter­bit (pengu­mu­man­nya, red.) kan, terangnya.

Dampak dari rekrut­men organ­isasi yang men­dahu­lui inagurasi dan jarak inagurasi yang jauh dari PBAK pada maha­siswa baru adalah ran­cun­ya pema­haman maha­siswa baru untuk mem­be­dakan antara organ­isasi intra kam­pus dan organ­isasi ekstra kampus.

Kare­na (organ­isasi, red.) ekster­nal kam­pus sudah ter­lebih dahu­lu open recruit­ment dari pada (organ­isasi, red.) inter­nal. Maha­siswa yang dike­nal malah ekster­nal, bahkan saya tahu dari salah satu maha­siswa wak­tu tanya maha­siswa baru organ­isasi ekster­nal diki­ra inter­nal seper­ti UKM, UKK dan lain-lain,” ujar salah satu ket­ua UKM yang tidak mau dican­tumkan namanya.

Ada juga organ­isasi yang tidak mem­per­masalahkan jad­w­al inagurasi dan men­ga­gen­dakan rekrut­men sebelum inagurasi. Ya, kare­na harus dipeta-petakan. Jadi, kegiatan sela­ma satu tahun harus dipetakan. Memang ada risikonya, sih, risikonya anggotanya sedik­it kare­na kan banyak yang belum kenal tapi nggak papa lah,” ucap Ain­un, Ket­ua Dewan Racana Pramuka.

Alasan terkait men­ga­gen­dakan rekrut­men yang men­dahu­lui inagurasi adalah untuk men­ja­ga anggota dan kegiatan yang telah dijad­walkan supaya tidak ter­bengkalai. “Ya, kare­na ada tujuan lain yang harus dica­pai ter­lebih dahu­lu kalau tidak segera di tetap­kan untuk inagurasi kan nan­ti yang lain­nya ter­bengkalai,” imbuh Ainun

Rekrut­men anggota yang men­dahu­lui inagurasi juga berdampak pada ter­lam­bat­nya maha­siswa baru mendaf­tar di organ­isasi yang dim­i­natinya. “Kalau memang yang saya inginkan sudah tut­up, mungkin ikut UKM, UKK atau KM yang lain sesuai kemam­puan saya juga, atau kalau nggak bisa semes­ter tiga mungkin,” ujar Ahmad, Maha­siswa Baru Juru­san Tadris Biologi.

Penulis: Fathoni
Reporter: Fathoni, Tony, Dila, Lil­la, Nad­hir, Rat­na, Aina
Edi­tor: Ulum