Tulisan ini meru­pakan lan­ju­tan dari beri­ta yang berjudul “Kejar Wak­tu MPM UIN SATU Tulungagung”.

Musyawarah Per­wak­i­lan Maha­siswa (MPM) atau musyawarah tert­ing­gi di tingkat organ­isasi maha­siswa yang hanya berlang­sung satu tahun sekali ini telah men­gala­mi keca­catan. Sebelum­nya, di grup What­sApp Kelu­ar­ga Besar Maha­siswa (KBM) Uni­ver­si­tas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rah­mat­ul­lah (SATU) SOLID yang berisikan para pimp­inan lem­ba­ga, ter­ja­di perde­batan cukup serius men­je­lang MPM berlangsung.

Perde­batan terse­but selain dikare­nakan pem­ber­i­tahuan yang men­dadak, lokasi pelak­sanaan MPM juga diang­gap tidak kon­sis­ten. Mulanya diren­canakan di Jepun Resto, acara MPM jus­tru ter­lak­sana di Gedung Pas­casar­jana Lan­tai 5. Pada hari ter­akhir, kem­bali berpin­dah ke Gedung Majlis Wak­il Cabang Nad­lat­ul Ula­ma (MWC NU) Boyolangu.

Tidak ter­hen­ti sam­pai dis­i­tu, per­masala­han yang diang­gap cukup fatal yakni forum MPM ter­hen­ti tan­pa keje­lasan. Mulanya berlang­sung Selasa, 9 Novem­ber 2021 dan berhen­ti pada Sab­tu, 13 Novem­ber 2021, dise­babkan oleh progress report dari Dewan Ekseku­tif (Dema) Uni­ver­si­tas belum cukup. Pada tang­gal terse­but, forum menyepakati adanya dead­lock dan melan­jutkan­nya di lain hari. Sayangnya, ren­cana untuk melan­jutkan MPM hanya wacana semata.

Ter­akhir itu Sema habis progress report, lalu Dema menyam­paikan progress report-nya. sudah kita tanyai tapi dari pihak Dema tidak bisa men­jawab kare­na bukan tupoksinya lalu kita pend­ing, soal­nya tidak men­e­mukan hasil pada wak­tu itu antara pend­ing atau tidak, (akhirnya,red.) Dead­lock dan belum diten­tukan kapan.” Jelas Moham­mad Wildan Selaku Ket­ua Sema Fakul­tas Syari­ah dan Ilmu Hukum.

Sema sem­pat menawarkan kelan­ju­tan acara pada Senin, 15 Novem­ber 2021 secara online. Akan tetapi tawaran terse­but men­da­p­at peno­lakan dari peser­ta forum.

Abi selaku Man­a­jer Radio Genius FM men­je­laskan bah­wa forum meno­lak MPM dilakukan melalui Zoom Meet­ing. “Ya sebelum­nya itu ada, tapi kesep­a­katan forum bilang kalo di lan­jutkan hari Senin. Kemu­di­an hari Senin itu meno­lak, forum meno­lak lewat zoom, gak ada yang ner­i­ma kalau lewat zoom, terus sam­pai sekarang gak ada lanjutannya.”

Ket­ua Sema Uni­ver­si­tas, Dhiyaur Rohman hanya men­gir­imkan draft Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tang­ga (ART) yang sudah ditan­datan­gani dan diberi nama terang pre­sid­i­um di grup KBM UIN SATU SOLID, tan­pa menam­bahi keje­lasan terkait tin­dak lan­jut MPM.

 “Kalau terkait MPM seben­ernya Sema mau saja melan­jutkan, tapi teman-teman Dema yang pun­ya kewa­jiban menyam­paikan progress report mere­ka tidak mau untuk melan­jutkan. Mere­ka bilang sudah cukup dalam penyam­pa­ian progress report” Ujar Rohman selaku ket­ua Sema.

Keti­ka kru dimen­si men­gon­fir­masi perny­ataan dari Rohman, Adri­an­syah Prata­ma selaku wak­il ket­ua Dema tidak menge­tahui adanya hal terse­but. Sedan­gkan Mah­da Fuad Amirudin, selaku ket­ua Dema belum mem­berikan respon apapun hing­ga beri­ta ini diturunkan.

 “MPM cacat kalau progress report tidak dijalankan dan ditun­taskan. kare­na kita men­gacu pada tat­ib yang telah dis­ep­a­kati, agen­da kete­ta­pan ada, eval­u­asi progress report dan musyawarah. Sedan­gkan kemarin itu belum eval­u­asi, Dema belum eval­u­asi dan belum progress report. Sudah Progress report, sudah menampilkan, saya men­gatakan­nya belum Mbak, baru dita­mpilkan, baru men­jawab satu per­tanyaan sudah dead­lock kok.” Tutur Wildan.

MPM 2021 seharus­nya dilak­sanakan sesuai den­gan tata tert­ib yang sudah dis­ep­a­kati diaw­al yaitu musyawarah diakhiri den­gan menye­le­saikan progress report dan eval­u­asi. Seper­ti yang tert­era pada Tata Tert­ib Per­si­dan­gan Musyawarah Per­wak­i­lan Maha­siswa Tahun 2021 Pasal 3 Ayat 4 Namun, Sudah ham­pir satu bulan hing­ga beri­ta ini ter­bit, MPM berakhir mangkrak tan­pa kejelasan.

Penulis: Ria
Reporter: Nat­ul, Gilang, Ria
Edi­tor: Titan