23–25 Feb­ru­ari 2023 di Green­SA Hotel Sidoar­jo, Rek­torat Uni­ver­si­tas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rah­mat­ul­lah (SATU) Tulun­ga­gung telah menye­leng­garakan Upgrad­ing Kepemimp­inan Organ­isasi Maha­siswa (Ormawa).

Kegiatan yang meli­batkan Ket­ua, Sekre­taris, dan Ben­da­hara dari selu­ruh per­wak­i­lan ormawa ini men­gusung tema Upgrad­ing Pelati­han Kepemimp­inan dan Mod­erasi Beraga­ma Ormawa UIN Sayyid Ali Rah­mat­ul­lah Tulun­ga­gung Tahun 2023 den­gan taglineMeng­gali kemam­puan, Mem­ban­gun jiwa kepemimp­inan, Menu­ju kam­pus berprad­a­ban”.

Sejalan den­gan tema, Muniri selaku ket­ua pelak­sana dalam sambu­tan­nya (23/02/2023) menyam­paikan kegiatan ini pent­ing untuk meningkatkan spir­it kepemimp­inan dan mod­erasi beraga­ma maha­siswa kede­pan­nya teruta­ma di UIN SATU Tulungagung.

Kegiatan dim­u­lai den­gan rangka­ian pem­bukaan. Kemu­di­an dilan­jutkan materi kepemimp­inan dan mod­erasi beraga­ma yang dis­am­paikan oleh Amirudin Kuba selaku Kepala Sek­si Kema­ha­siswaan Kementer­ian Aga­ma Repub­lik Indonesia.

Pada sesi ked­ua, dilang­sungkan sosial­isasi pedo­man ormawa tahun 2023. Nur Kho­lis seba­gai Kepala Sub-bagian Pelayanan Akademik dan Kema­ha­siswaan mema­parkan tata kelo­la per­suratan dan pedo­man organ­isasi. Melalui  sesi ini pula, tata fasil­i­tas ormawa ser­ta pem­ba­gian gedung Unit Kegiatan Maha­siswa (UKM) juga turut di bahas oleh Mas­ruroh Tri Han­dayani dari bidang Kepala Bagian Umum dan Kemahasiswaan.

Sosial­isasi kegiatan dilan­jutkan kem­bali keesokan harinya pada jumat pagi, 24 Feb­ru­ari den­gan materi bedah Ren­cana Ker­ja dan Anggaran Kementer­ian Negara/Lembaga (RKAKL), dan Penyusunan lapo­ran Kegiatan. Materi ini dis­am­paikan lang­sung oleh per­wak­i­lan bagian admin­is­trasi keuan­gan rektorat. 

Sesi terse­but lebih banyak mem­ba­has men­ge­nai ske­ma pen­ga­juan dana organ­isasi maha­siswa kepa­da Rek­torat.  Pem­ba­hasan­nya meliputi: besaran Dana Penye­leng­garaan Pen­didikan (DPP) dan Daf­tar Isian Pelak­sanaan Anggaran (DIPA) yang diter­i­ma seti­ap ormawa, juga teng­gat wak­tu  peny­er­a­pan selu­ruh dana dalam satu periode.

Sete­lah pem­ba­hasan RKAKL dan Penyusunan lapo­ran kegiatan usai, seharus­nya kegiatan dilan­jut den­gan pelati­han Soft Skill Char­ac­ter Build­ing pada pukul 10.00 sam­pai 14.30. Akan tetapi dalam pelak­sanaanya ter­ja­di kendala aki­bat fasil­i­ta­tor pelati­han belum bisa hadir pada jam yang telah ditentukan.

Kegiatan kemu­di­an tetap berlan­jut den­gan meng­gan­ti sesi pelati­han Soft Skill Char­ac­ter Build­ing den­gan shar­ing ormawa sekali­gus sosial­isasi pro­gram ker­ja Sen­at Maha­siswa (Sema) dan Dewan Ekseku­tif Maha­siswa (Dema)  yang sebe­narnya men­ja­di kegiatan akhir upgrad­ing.

Dalam sesi itu, alur ber­jalan secara monot­on dan tidak dialek­tis kare­na kejenuhan, ser­ta kepasi­fan peser­ta sehing­ga kegiatan pun sele­sai lebih cepat dari yang dijadwalkan.

Pasif, pasif banget. Pas forum sosial­isasi Dema, dan Sema apala­gi, teman-teman malah lebih fokus ke gawai mas­ing-mas­ing dan ter­li­hat jenuh.”  Kata Eva, peser­ta per­wak­i­lan dari UKM Geronimo.

Dari beber­a­pa sesi yang men­gala­mi kendala, rupa­nya juga merem­bet pada penu­tu­pan yang sele­sai sehari lebih awal dari jad­w­al. Selu­ruh rangka­ian kegiatan upgrad­ing berakhir dalam hari itu  sek­i­tar pukul 22.57 WIB, dan ditut­up oleh Warek 3.

Materi sudah sele­sai, pros­es kepu­lan­gan juga lebih cepat. Kalau penu­tu­pan diadakan pagi, kita masih menung­gu anak-anak sara­pan dulu dan akti­fi­tas lain­nya.” Jelas Muniri.

Penulis: Ana
Reporter: Ana, Riza, Sil­vi
Edi­tor: Vidya